Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

3. Model model pengaruh komunikasi

3. Model - model komunikasi

A.Pengertian dan fungsi model

Model disini dapat dikatakan sebagai gambaran yang sistematis dan abstrak. Fungsinya untuk menerangkan potensi – potensi tertentu yang berkaitan dengan beragam aspek dari suatu proses.

Model adalah cara untuk menunjukkan sebuah objek yang mengandung kompleksitas proses didalamnya dan hubungan antara unsur-unsur pendukungnya Pengalaman penulis ketika berkunjung ke Mahkamah Agung (Supreme Court) di Singapura tahun 2003, bisa jadi dapat memberikan gambaran tentang apa yang dimaksud dengan

model itu. Maket Gedung Mahkamah Agung yang akan dibangun itu dibuat maket atau miniaturnya . Hal itu secara rinci menggambarkan unsur – unsurnya serta jaringan serat optik dan implementasi teknologi informasi. Maket tersebut merupakan contoh sebuah model

menurut Little John(1989:12)model adalah : "In broad sense a term model can apply to any symbolic representation of thing, process or idea "

menurut Severin dan Tankard (1992:36) berpendapat bahwa model membantu kita untuk dapat merumuskan suatu teori dan menyarankan hubungan.dapat dikatakan bahwa hubungan dengan model begitu erat sehingga model sering dicampurkan dengan teori adalah penjelasan

Wiseman dan Barker mengemukakan bahwa model komunikasi memiliki tiga fungsi , sebagai berikut : 1. Menggambarkan proses komunikasi 2. menunjukkan hubungan visual 3. membantu menemukan dan memperbaiki kemacetan komunikasi

B. model dasar komunikasi

komunikasi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam berkomunikasi, dapat digambarkan dalam beragam model. model komunikasi dibuat untuk membantu kita memahami komunikasi dan menspesifikasi bentuk bentuk komunikasi dalam hubungan antar manusia. di masa awal komunikasi sangat kental dipengaruhi oleh displin ilmu sosiologi,psikologi,bahasa, matematika dan fisik

c. Model model pengaruh komunikasi

1. Model komunikasi Intrapribadi Barnlund

Dean C. Barnlund ia adalah seorang ahli komunikasi berasal dari amerika. komunikasi intrapribadi merupakan proses pengoalahan dan penyusunan informasi melalui sistem syaraf yang ada didalam otak kita, yang disebabkan oleh stimulus yang ditangkap oleh panca indera. proses berpikir adalah bagian dari proses komunikasi yang terjadi didalam diri individu

2.model antarpribadi Barnlund

ciri cirinya : bersifat spontan, Tidak berstruktur, terjadi secara kebetulan, tidak mengejar tujuan yang direncanakan, Identitas keanggotaannya tidak jelas, terjadi hanya sambil lalu

3. Model Stumulus respons (S-R) model komunikasi paling mendasar dan sederhana. model ini mengingatkan kita bahwa apabila ada aksi maka akan timbul reaksi. apabilaseorang gadis berjalan lenggak lenggok bak pragawati dan banyak pria memelototkan mata padanya sampai tak berkedip , proses ini merupakan bentuk pertukaran informasi yang dapat menimbulkan efek untutk mengubah tindakan komunikasi

model stimulus respons

4. Model Matematika Shannon dan Weaver

pada tahun 1949, Shannon dan Weaver didalam buku The Mathematical Theory of Communication, mengasumsikan bahwa pemcar mengubah pesan untuk dikomunikasikan. pemancar mengubah signal dari pemancar ke penerima. Adapun sasaran adalah

orang yang menjadi tujuan penyampaian pesan. Shannon dan Weaver juga memperkenalkan konsep redudancy dan entropy. redudancy adalah pengulangan kata yang dapat menyebabkan rendahnya entropy. ia juga menekankan bahwa setiap informasi yang disajikan 9message) merupakan proses komunikasi. informasi disampaikan memiki tujuan untuk menambah pengetahuan mengubah sikap dan perilaku individu serta khalayak menurut Shannon dan Weaver yang dikutip oleh Severin dan Tankard (1992:39) informasi adalah " what is information? information is pattern matter energy that affects the probabilities of altervaties available to an individual making decision"


model Shannon dan weaver

5. Model Komunikasi lasswell


Model lasswell

Unsur sumber (who) mengandung pertanyaan mengenai pengendalian pesan. unsur pesan (says what) merupakan bahan untuk analisis isi. Saluran komunikasi (in which channel) menarik untuk mengkaji mengenai analisis media. unsur penerima (to whom) banyak digunakan untuk studi analis khalayak. unsusr pengaruh (with what effect) berhubungan erat dengan kajian mengenai efek pesan pada khalayak. tetapi ada kritik karena terkadang mengabaikan

faktor umpan balik (feed back) karena umpan balik sangat penting untuk mengetahui apakah pesan dari memperoleh tanggapan positif,netral atau negatif.

6. Model Sirkuler osgood dan schramm menggambarkan suatu proses yang dinamis. pesan ditransmisikan melalui proses encoding dan decoding. hubungan antara encoding dan decoder layaknya sumber (encoder)- penerima (decoder) yang saling mempengaruhi satu sama lain. Namun, pada tahap berikutnya penerima (encoder) dan sumber (decorder). interpreter berfungsi ganda sebagai pengirim dan penerima pesan . patut dicatat bahwa model ini menepatkan sumber dan penerima mempunyai kedudukan yang sederajat

Model Sirkuler Osgood dan Scharmm


7. Model Melvin Defleur
model ini merupakan perluasan dari model Shannon dan Weaver dengan memasukan unsur piranti media massa (mass mediMiringumdevice) dan piranti umpan balik (feedback device). digambarkan bahwa sumber (source), pemancar (transmitter), penerima (reciever) dan sasaran (destination) merupakan tahap tahap yang terpisah dalam proses komunikasi massa


Model DeFleur

8. Model john W. Rilley dan Mathilda W. Rilley

menggunakan pendekatan sosiologi untuk mengkaji perilaku komunikasi antar manusia. secara sosiologis, penerima (reciver) pesan ( message) yang disampaikan sumber/komunikator tidak secara langsung ditanggap. tetapi akan mengendalikan aksi dan reaksi tehadap pesan yang diterima. faktor yang berpengaruh terhadap penerima adalah kelompok primer (primary group) sperti keluarga atau kelompok rujuk. strukutur sosial yang llebih besar (larger social sturcture)
Model Rilley dan Rilley

9. Model Maletzke
khalayak di dalam melakukan pencarian informasi, dosebabkan oleh kebutuhan rasa ingin tahu (need cognition) dan gaya intuisi seseorang (personal cognition style) . ketetapan media massa dapat diukur melalui sumber sumber media massa yang digunakan, curahan waktu untu
k penerimaan pesan media dan pemakaina jenis pesan. Tipologi kebutuhan manusia yang dapat dipenuhi media massa adalah kebutuhan hiburan, hubungan personal, identitas pribadi, dan pengumpulan informasi.

model proses komunikasi maletzka

sumber : Buku pengantar ilmu komunikasi oleh dr. Wiryanto, MA
(dipelajari yah :) jgn copas ajah :D )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar